ABSTRAK: Penggunaan lagu berbahasa Arab sebagai media pembelajaran bahasa
Arab dianjurkan agar siswa tidak merasa jenuh dan takut dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan 2
data penelitian yaitu
data kualitatif dan kuantitatif. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan penggunaan lagu berbahasa Arab sebagai media pembelajaran
untuk meningkatkan pemerolehan Mufrodat siawa. Adapun tujuan khusus dari
penelitian ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan kondisi awal pembelajaran bahasa
Arab di kelas V MI Hidayatul Islamiyah Cibinong, 2) mendeskripsikan
pembelajaran bahasa dengan menggunakan lagu untuk meningkatkan pemerolehan mufrodat
siswa kelas V MI Hidayatul Islamiyah Cibinong, dan 3) mendeskripsikan
peningkatan pemerolehan mufrodat siswa kelas V MI Hidayatul Islamiyah Cibinong
sebagai hasil penggunaan lagu berbahasa Arab. Penggunaan lagu berbahasa Arab
ini mampu meningkatkan pemerolehan kosa kata siswa, yang berarti siswa faham,
hafal dan mampu menggunakan mufrodat ke dalam kalimat sempurna, selain itu juga
mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, berbicara dan mendengar dalam
pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Lagu Berbahasa Arab, Mufrodat, MI Hidayatul
Islamiyah Cibinong
0 komentar:
Posting Komentar