RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah/Madrasah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : VII / I
Materi Pokok : المفردات و العبارات
Tema : العاملون في المدرسة
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 x 30m
A.
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.4 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.5
Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan tema :
C.
Indikator Pembelajaran
I
N
D
I
K
A
T
O
R
|
Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang
diperdengarkan tentang topik: العاملون في المدرسة
|
Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik العاملون في المدرسة
|
|
Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab
yang diperdengarkan tentang topik العاملون في المدرسة
|
|
Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik العاملون في المدرسة
|
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
menkomunikasikan tentang topik:
العاملون في المدرسة Siswa dapat menirukan, memperagakan dan menunjukkan
gambar dengan benar
|
E.
Materi pembelajaran
انظر
واقرأ : من هذا ؟ - من هذه ؟
|
|||||
مُدَرِّس
|
مُدَرِّسَة
|
أَمِيْنُ
الـمَـكْتَبة
|
|||
نَاظِرُ
الـمَدْرَسَة
|
مُوَظَّف
|
خَادِمَة
|
|||
بَوَّاب
|
بَائِع
|
سَائِق
|
|||
المفردات والعبارات
مُدَرِّس -
مُدَرِّسَة – مُوَظَّف –
مُوَظَّفَة – خَادِم
- خَادِمَة - بَائِع –
بَائِعَة بَوَّاب – سَائِق -
نَاظِرُ الـمَدْرَسَة – نَاظِرَةُ الـمَدْرَسَة – أَمِيْنُ الـمَكْتَبة
F.
Metode pembelajaran :
Pendekatan: scientific
Strategi: Observe-practice
Metode: Thariqah
Sam’iyyah Syafawiyyah, Tanya jawab, Penugasan, dll.
G.
Langkah-lagkah pembelajaran :
Tahapan Belajar
|
Deskripsi Kegiatan
Guru Dan Siswa
|
Pendahuluan
( 5 menit )
|
Kegiatan guru
:
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
5.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
6.
Guru mengantarkan kita kepada suatu masalah yang harus
dihadapi
7.
Guru menyampaikan secara garisbesar cakupan materi dan
penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes
dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakannya.
Siswa dengan khidmat dan santun :
1.
Menjawab salam
2. Membaca do’a yang dipimpin ketua kelas
3. Mendengarkan guru mengabsen
4. Merespon pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari dengan
serius
5. Menyimak tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru
|
Kegiatan Inti
(20 menit)
|
Mengamati
dengan teliti :
1.
Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
dilafalkan oleh guru tentang
2.
Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
dilafalkan oleh guru tentang
3.
Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
Menanya dengan santun
4.
Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan kata, frasa, dan kalimat
bahasa Arab tentang
5.
Siswa menanyakan materi tentang yang belum difahami
Mencoba dengan penuh semangat
6.
Siswa melafalkan materi tentang
7.
Siswa menunjukan gambar atau memperagakannya sesuai dengan kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang dilafalkan oleh guru
8.
Siswa melafalkan kalimat
bahasa Arab yang sesuai dengan gambar yang ditampilkan
Menalar dengan terampil
9.
Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa arab yang tepat
10. Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang dilafalkan oleh guru
11. Siswa mempergakan dengan kata, frasa da kalimat yang
diperdengarkan oleh guru
Mengkominukasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab
12. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan
gambar
13. Siswa melafalkan kaliamat bahasa Arab tentang gambar
beserta artinya
14. Siswa memperagakan dengan kata, frasa dan kalimat yang
diperdengarkan
|
Penutup
(5 menit)
|
1.
Guru meminta siswa
mengulangi kata, frasa dan kalimat tentang yang telah diajarkan
2.
Guru meminta siswa untuk
menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dismapaikan
3.
Guru meminta siswa
membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topik materi dalam bahasa
Arab
4.
Guru menugaskan siswa
untuk mengerjakan latihan tentang mufrodat dan ‘ibarat lughawiyah
yang terdapat dalam buku
5.
Guru menginformasikan
pelajaran selanjutnya
6.
Menutup pelajaran dengan
membaca hamdalah, do’a dan memberi salam
|
H.
Media pembelajaran : Slide Power point, Papan tulis, laptop
I. Alat dan Sumber belajar : Buku Materi, Kamus, Spidol, Kertas Bergambar Buku paket pelajaran Bahasa Arab, dan referensi lain yang
mendukung / relevan dengan materi
J. Penilaian pembelajaran :
Penilain dialakukan secara terintegrasi dalam
pembelajaran. Aspek yang dinilai:
1.
Sikap
2.
Unsur bahasa
(Ucapan, mufradat/ibarat dan tarkib)
3.
Keterampilan
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Teknik dan
instrumen penilaian
1.
Penilaian sikap
melalui observasi
NO
|
Aspek yang di Observasi
|
Pilihan jawaban
|
Skor
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
|
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
Jumlah
|
No
|
Keterangan
|
Jumlah skor
|
1
|
Baik sekali/selalu
|
76-100
|
2
|
Baik/sering
|
51-75
|
3
|
Cukup/kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Kurang/tidak pernah
|
0-25
|
2.
Penilaian unsur
bahasa melalui tes tulis, tes lisan, menyimak dan penugasan.
3.
Penilaian keterampilan melalui penilaian kerja dan portofilio instrumen berupa skala
penialain.
Mengetahui, Ciputat,
24 September
2014
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Muhamad
Sofyan
0 komentar:
Posting Komentar